Menara Jakarta, Menara Tertinggi di Dunia

65122_menara_jakarta_di_kawasan_kemayoran_jakarta_pusat_thumb_300_225

VIVAnews – Menara Jakarta akan dijadikan andalan wisata Ibu Kota. Sebagai menara yang diproyeksikan tertinggi di dunia, menara ini akan dilengkapi anjungan wisata lengkap dengan restoran berputar.

Demikian disampaikan Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, saat berbincang dengan VIVAnews awal pekan ke-2, Februari 2009.

Restoran ini akan ditempatkan di ketinggian 350 meter. Tepat di atas observation deck atau anjungan wisata untuk pengunjung. Sambil bersantap pengunjung bisa menikmati pemandangan kota 360 derajat.

Anjungan wisata ditempatkan pada ketinggian 331 meter dengan dua lantai. Lantai pertama berupa area kosong untuk menikmati pemadangan dengan teropong. Sedangkan lantai kedua akan ditempatkan sejumlah restoran dan cafe. “Tapi tak berputar. Restoran berputar letaknya satu lantai di atasnya,” ujarnya. “Di atas restoran berputar baru ballroom yang bisa untuk resepsi pernikahan.”

Untuk menuju ke area wisata tersebut termasuk restoran berputar, pengunjung akan diantar menggunakan lift yang tersebar di tiga kaki menara. Setiap menara berdiameter 13,5 meter itu menjulang hingga ketinggian lebih 300 meter.

Di Jakarta, restoran berputar sudah bisa dinikmati di ‘Pure’. Restoran itu terletak di lantai 35 Menara Imperium Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

65228_rincian_bangunan_menara_jakartaMenara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi. Menara ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. dengan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan, pariwisata dan perdagangan.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas. Selain restoran berputar dan anjungan wisata, juga tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.

Pembangunan Menara Jakarta, saat ini, telah sampai pada tahap pemasangan pondasi. Menara setinggi 558 meter ini direncanakan beroperasi pada 2012.

65121_perbandingan_menara_jakarta_dengan_menara_di_dunia_lainnya_thumb_300_225

Menara Jakarta diproyeksikan sebagai menara tertinggi di dunia. Menara setinggi 558 meter itu didesain mampu menahan guncangan gempa hingga 8 Skala Richter.

Namun, bukan berarti menara akan hancur ketika diguncang gempa lebih besar dari 8 skala richter. “Banyak faktor teknis yang mempengaruhi elastisitas bangunan,” kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, saat berbincang dengan VIVANews awal pekan ke-2, Februari 2009.

Secara teknis, struktur Menara Jakarta memakai standar yang lebih tinggi dari aturan yang dipakai internasional. Struktur menara menggunakan perhitungan periode ulang gempa 100 tahun. Di Indonesia, aturan yang ditetapkan hanya perhitungan periode ulang gempa 50 tahun. Demikian pula aturan yang dipakai sejumlah negara besar termasuk Amerika Serikat.

Pengeboran pondasi dilakukan hingga kedalaman 57 meter sebanyak 415 titik. Cor beton dilakukan hingga kedalaman 16 meter. Sedangkan penyangga horisontal dibuat sebanyak 1.461 titik sepanjang 57 meter.

65205_menara_jakarta_thumb_300_225Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi. Menara ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. dengan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan, pariwisata dan perdagangan.

Pengembang Menara Jakarta menggandeng konsultan properti kelas dunia, Jones Lang LaSalle guna melakukan kajian kelayakan proyek ini sebelum dijual kepada konsumen.

“Jones Lang akan melakukan kajian kelayakan dalam beberapa bulan,” kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 13 Februari 2009. “Karena proyek ini tidak main-main, kami tentu harus menggandeng konsultan kelas dunia.”

65257_pembangunan_menara_jakartaJones Lang adalah konsultan properti internasional. Konsultan yang sudah memiliki cabang di Jakarta ini telah menjadi penasihat beberapa proyek properti terkemuka di negeri ini. Jones Lang juga berperan besar dalam mendatangkan produk berkelas dunia untuk dipasarkan di sejumlah pusat belanja kelas atas di Jakarta.

Setelah kajiannya selesai, pengembang mulai menjajakan proyek ini kepada para calon konsumen. Sebab, proyek menara tertinggi di dunia ini nantinya bukan sekadar akan menampung menara telekomunikasi, tetapi juga akan digunakan sebagai ruang perkantoran, pusat belanja dan hotel.

Kajian itu juga akan digunakan oleh pengembang untuk menjajaki pinjaman ke perbankan. Dari total anggaran sebesar Rp 3 triliun, menurut Roesdiman, tidak cukup dipenuhi dari setoran pemodal dan hasil penjualan atau penyewaan ruangan.

Dia menjelaskan sebenarnya sejumlah bank papan atas sudah ditemui oleh pengembang. Namun, lantaran situasi sedang krisis, maka perbankan masih cenderung menunggu sebelum memutuskan. “Saat ini bank masih wait and see,” kata Roesdiman.

Sumber : Vivanews

This entry was posted in Ekonomi, Pariwisata, Teknologi. Bookmark the permalink.

16 Responses to Menara Jakarta, Menara Tertinggi di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *